Pengembangan Website Cari-Kos.com

Cari-Kos.com adalah sebuah platform yang menyajikan informasi mengenai properti Indekos atau kost yang disewakan seluruh Indonesia dilengkapi dengan harga kost, fasilitas kost dan gambar kost yang diunggah langsung oleh pemilik kost. Cari-Kos.com memberikan Kemudahan dalam mencari kos dengan adanya fitur filter harga kost yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tentunya fitur ini akan sangat membantu mendapatkan kos yang sesuai budget dengan lebih cepat.

Dalam pengembangan website Cari-Kos.com, posisi saya sebagai full stack web developer di AW Bali Digital yang berkontribusi dalam melakukan perubahan sistem & tampilan website secara menyeluruh dari versi sebelumnya, mulai dalam tahap analisa alur sistem, perancangan database, pengembangan backend & frontend, testing, hingga deploy ke live server.

Tahapan pengembangan yang dilalui:

  1. Melakukan brainstorming untuk pengembangan versi yang akan dilakukan, yang kemudian mencatat setiap poin-poin hasil dalam brainstorming tersebut.
  2. Melakukan analisa alur sistem berdasarkan hasil brainstorming & mempelajari alur kerja sistem pada versi sebelumnya.
  3. Mulai melakukan perancangan & modifikasi database yang sudah ada berdasarkan breakdown dari hasil analisa sebelumnya.
  4. Mempersiapkan tools & framework yang akan digunakan untuk membangun website dan mulai melakukan pengembangan untuk backend & frontend.
  5. Setelah website sudah melalui tahap pengembangan, selanjutnya masuk ke tahap testing dengan membuatkan satu server block staging untuk melakukan testing website secara online.
  6. Setelah berhasil melalui tahap testing, selanjutnya deploy project ke live server agar dapat diakses oleh public.
  7. Melakukan optimize SEO.