Pengembangan Website Gahawisribali.com

Gahawisribali.com, merupakan company profile untuk Gabungan Pengusaha Wisata Tirta dan Bahari (GAHAWISRI) Bali yang sekaligus menjadi pintu gerbang untuk menjelajahi alam bawah laut Bali. Berbagai bisnis wisata bahari dan air yang termasuk antara lain: Diving & snorkeling, Operator water sport, Operator rafting, Operator cruise, Operator liveaboard, Operator surfing. GAHAWISRI Bali berdedikasi untuk Memberikan layanan pelanggan yang luar biasa, Menjunjung standar keselamatan tertinggi dan beroperasi secara berkelanjutan.

Pengembangan awal website Gahawisribali.com sebagai company profile, kedepannya akan dilakukan pengembangan lagi untuk sistem retribusi dan lainnya. Pengembangan ini dilakukan secara tim, posisi saya sebagai tim lead & backend web developer yang berkontribusi dalam tim mulai dalam tahap analisa alur sistem, perancangan database, pengembangan backend, testing, hingga deploy ke live server.

Tahapan pengembangan yang dilalui:

  1. Melakukan brainstorming untuk masalah yang melatar belakangi terbentuknya website ini, yang kemudian mencatat setiap poin-poin hasil dalam brainstorming tersebut.
  2. Masuk ke tahap analisa alur sistem dengan mematangkan hasil brainstorming yang dilakukan sebelumnya sehingga menghasilkan catatan mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam sistem.
  3. Mulai melakukan perancangan database berdasarkan breakdown dari hasil analisa sebelumnya.
  4. Melakukan pembagian tugas beserta timeline untuk tim.
  5. Mempersiapkan tools & framework yang akan digunakan untuk membangun website dan mulai melakukan pengembangan untuk backend & frontend.
  6. Setelah website sudah melalui tahap pengembangan, selanjutnya masuk ke tahap testing dengan membuatkan satu server block staging untuk melakukan testing website secara online.
  7. Setelah berhasil melalui tahap testing, selanjutnya deploy project ke live server agar dapat diakses oleh public.
  8. Melakukan optimize SEO.