Pengembangan Website Versaplan DMC

Versaplan DMC merupakan website yang dibangun untuk memfasilitasi struktur kerja untuk semua divisi dalam internal perusahaan DMC (Destination Management Company) yang diimplementasikan di Balive, sistem ini mencakup keseluruhan divisi dalam perusahaan yang dapat memberikan efisiensi waktu dalam bekerja, menjadikan alur kerja yang baik dalam integrasi kepada setiap divisi, hingga mempermudah melakukan perekapan data sehingga dapat mempermudah pelaporan pajak.

Dalam pengembangan website Versaplan DMC, posisi saya sebagai full stack web developer yang berkontribusi mulai dalam tahap melakukan pendekatan ke setiap masing-masing divisi untuk mengetahui permasalahan & mempelajari alur kerja mereka, analisa alur sistem, perancangan database, pengembangan backend, testing, hingga deploy ke live server.

Tahapan pengembangan yang dilalui:

  1. Melakukan pendekatan ke setiap divisi & mempelajari alur kerja serta mencari permasalahan yang mereka hadapi, yang kemudian mencatat setiap poin-poin dalam pendekatan tersebut.
  2. Masuk ke tahap analisa alur sistem dengan mematangkan hasil pendekatan yang dilakukan sebelumnya sehingga menghasilkan catatan mengenai apa saja yang dibutuhkan dalam sistem.
  3. Mulai melakukan perancangan database berdasarkan breakdown dari hasil analisa sebelumnya.
  4. Mempersiapkan tools & framework yang akan digunakan untuk membangun website dan mulai melakukan pengembangan untuk backend & frontend.
  5. Setelah website sudah melalui tahap pengembangan, selanjutnya masuk ke tahap testing dengan membuatkan satu server block staging untuk melakukan testing website secara online.
  6. Setelah berhasil melalui tahap testing, selanjutnya deploy project ke live server agar dapat diakses oleh internal perusahaan dan partner yang terkait.
  7. Melakukan maintenance secara berkala.